Al Qaeda Serang Hotel Mewah Burkina Faso, 20 Tewas

Hotel Splendid yang terkenal di kalangan warga negara asing dan perwakilan PBB menjadi target serangan kelompok militan (Foto: Sky)
OUAGADOUGOU – Splendid Hotel yang populer ditinggali oleh warga negara asing dan perwakilan PBB di Ouagadougou, Burkina Faso diserang kelompok militan pada Jumat 15 Januari malam waktu setempat. Setelah meledakkan bom mobil, para pelaku menyandera tamu hotel.
Saksi mata menuturkan pelaku serangan berjumlah sekira lima orang. Menurut kelompok intelijen SITE, kelompok militan Islamic Maghreb –cabang kelompok Al Qaeda- berada di balik serangan tersebut. Menteri Luar Negeri Burkina Faso menyatakan pasukan keamanan telah disebar di sekitar area hotel untuk menghalau teroris.
Sebagaimana diberitakan Sky News, Sabtu (16/1/2016), Direktur Rumah Sakit Yalgado Ouedraogo, Robert Sangare, mengonfirmasi sedikitnya 20 orang tewas dan 15 lainnya terluka dalam serangan tersebut.
Burkina Faso bergejolak sejak 2014 usai Presiden Blaise Compaore yang sudah berkuasa sejak 1987 dilengserkan akibat protes besar-besaran. Pada September 2015 pasukan pengamanan presiden sempat melakukan kudeta yang hanya berlangsung selama sepekan. 
Tim transisi mengambil alih pemerintahan usai kudeta tersebut hingga pemilu November lalu memilih Roch Marc Christian Kabore sebagai presiden. Namun, negara dengan mayoritas penduduk Muslim itu menjadi sasaran serangan kekerasan oleh kelompok militan yang juga beroperasi di tetangga mereka, Mali.

(wab)

Bagaimana pendapat anda?